Langsung ke konten utama

Cara Menggabungkan Teks dengan CONCATENATE di excel

CONCATENATE. Concatenate dalam bahasa Indonesia tercinta kita berarti menggabungkan. Of course, dalam Excel fungsinya juga untuk menggabungkan teks dalam beberapa cell menjadi satu cell. Teks yang digabungkan bisa berupa angka, teks huruf, referensi cell ataupun kombinasi dari ketiganya.
Formulanya adalah

=CONCATENATE(text1,text2)

CONCATENATE
CONCATENATE
Nggak Cuma sampai text2 saja, fungsi ini bisa menggabung lebih dari itu.
Oke, biar nggak bingung, langsung ke contoh tabel di bawah ini saja. Dalam kolom A ada data Nama Depan dan di kolom B ada Nama Belakang. Nah, ceritanya kamu mau menggabungkan kedua data pada 2 cell kolom tersebut menjadi satu cell aja.
Misalnya, nama depan Erza ada di cell A2 dan nama belakang Scarlett ada di cell B2 serta cell C2 digunakan untuk gabungan kedua nama tersebut. Kamu bisa ketik formula pada cell C2 :
=CONCATENATE(A2,” “,B2)
Penjelasan :
  • Text1 berisi cell A2 dengan teks Erza
  • Text2 diisi “ “ untuk menambahkan spasi diantara keduanya, jika tidak menggunakan spasi maka hasilnya menjadi ErzaScarlett
  • Text3 berisi cell B2 dengan teks Scarlett
Maka hasil pada C2 = Erza Scarlett
Untuk memperdalam lagi tentang CONCATENATE, kita pakai contoh soal yang kedua. Dalam contoh ini, kamu disuruh menyusun nomor induk karyawan berdasarkan kode nomor yang ditetapkan oleh kantormu. Dalam kolom A berisi kode jenis pekerjaan, dalam kolom B berisi kode unik karyawan, dan pada kolom C berisi kode tahun.
Nah, di kolom D ini kamu akan menggabungkan semua elemen itu menjadi satu. Ketik saja formula berikut :
=CONCATENATE(A2,B2,C2)
Penjelasan :
  • Text1 berisi cell A2 dengan teks 111
  • Text2 berisi cell B2 dengan teks 635
  • Teks3 berisi cell C2 dengan teks 007
Maka hasilnya pada D2 = 111635007
Jika kamu ingin menambahkan titik (.) atau strip (-) untuk pemisahan kode dalam nomor induk kamu bisa menambahkan seperti =CONCATENATE(A2,”.”,B2,”.”,C2) atau  =CONCATENATE(A2,”-”,B2,”-”,C2). Hasilnya akan menjadi 111.635.007 atau 111-635=007.
Catatan : Selalu tambahkan tanda petik (“) jika ingin menyelipkan angka atau huruf didalam formula CONCATENATE agar dibaca sebagai text string.
Jadi untuk melakukan hal-hal seperti contoh kasus di atas, tinggal gunakan CONCATENATE saja. Nggak perlu deh capek-capek ngetik satu persatu. Come on men, this 2016. Tinggalkan cara klasik, mari melangkah menuju yang asyik-asyik. Hehehe..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Daftar Nilai Siswa Sederhana dengan Excel

Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru pasti akan berurusan dengan nilai-nilai ujian siswa. Untuk membantu pekerjaan itu, penggunaan Microsoft Excel sangat diperlukan. Dengan Excel banyak yang bisa kamu lakukan, diantaranya menyusun daftar nilai hasil ujian siswa secara otomatis. Nggak perlu ngitung manual pakai kalkulator. Enak kan?? Nah berikut ini, Trickster mencoba membantu untuk membuat daftar nilai sederhana dengan memanfaatkan fungsi-fungsi pada Excel. Contoh tabel sederhana seperti di bawah ini. Ada kolom nama, no induk, daftar nilai per mata pelajaran sampai grade. Yang perlu kamu isi fungsi/rumus hanyalah kolom Jumlah, Rata-rata dan Grade. So, nanti hasilnya akan otomatis keluar semua. Gampang kan… Contoh Tabel Daftar Nilai Siswa Ok, mulai dari kolom Jumlah. Disini kamu bisa menggunakan fungsi SUM untuk menjumlah seluruh nilai mata pelajaran yang ada. Contohnya seperti ini =SUM( D3:I3) SUM Penjelasan : Number diisi D3:I3 karena data yang akan dijumlahkan berawal

Pengkhidmatan Rasulullah saw Untuk Islam

Kata Pengkhidmatan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diambil dari kata Khidmat yang berarti hormat, takzim dan tenang. Sedangkan Pengkhidmatan atau Berkhidmat mengandung arti berbuat khidmat atau tenang, memberikan rasa hormat atau bersikap sopan santun, mengabdi kepada sesuatu atau setia kepada sesuatu. Sehingga pengkhidmatan bermakna sesuatu pekerjaan atau perbuatan yang mampu mendatangkan manfaat serta menjadikan segala sesuatunya menjadi lebih dekat. Adapula padanan kata lain adalah Pengabdian yang memiliki arti tidak jauh berbeda dengan kata Pengkhidmatan. Islam Agama Pengkhidmatan Allah Swt berfirman didalam Surah Ali Imran 3:113 “Ditimpakan kepada mereka kehinaan dimana saja mereka ditemukan/berada kecuali mereka berpegang teguh kepada tali (janji) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia... Dari ayat ini Allah Swt menjelaskan bahwa supaya manusia terhindar dari tertimpa suatu kehinaan dan menjadikan hidupnya selamat baik didunia ini maup