Langsung ke konten utama

Mengenal VLOOKUP & Penggunaanya di Excel

Mengenal VLOOKUP, mungkin akan menjadi salah satu fungsi dalam Excel yang akan bersahabat akrab denganmu saat bekerja mengolah data. Kenapa?? Karena fungsi ini sangat bermanfaat dan membantu dalam pengelolaan menggunakan table referensi, terutama yang memiliki kolom dan baris sampai ratusan apalagi ribuan. Nggak kebayang kan bagaimana kalau harus memasukkan data satu per satu dalam ratusan cell. :nohope Please deh, sekarang ini sudah zaman Android, bukan zamannya saat Windows 95, masa masih manual sih?? :capedes
Oke, kenalan dulu dengan yang namanya VLOOKUP. Ingat, pepatah tak ada uang maka tak sayang eh salah, tak kenal maka tak sayang. :peluk Dari definisinya, VLOOKUP adalah fungsi dalam Excel yang mencari data berdasarkan kolom Excel paling kiri yang menjadi referensi. Ingat, PALING KIRI. Nggak bisa kalau referensinya di tengah atau di kanan. Hukumnya Fardhu Ain pakai kolom paling kiri. 😮 Berikut ini cara penggunaan fungsi VLOOKUP
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
mengenal vlookup
VLOOKUP
Penjelasan :
Lookup_value : nilai yang menjadi referensi / acuan pada kolom pertama di suatu table yang menjadi table referensi. Bisa berupa referensi cell (A1,B1 …..), angka (1,2,3…) maupun teks (a,b,c…..). Ini digunakan pada tabel pertama.
Table_array : tabel yang akan diambil datanya berdasarkan nilai referensi pada lookup_value. Tabel_array berupa range.
Col_index_num : menentukan kolom keberapa pada table_array yang nantinya datanya akan diambil dan dimasukkan ke tabel pertama. Kolom paling kiri adalah 1, selanjutnya adalah kolom ke-2 dan seterusnya
Range_lookup : berisi nilai TRUE atau FALSE. Ini adalah nilai logika. Pilih TRUE jika misalnya ada data yang tidak ada, maka hasilnya akan dicarikan yang mendekati. Sedangkan FALSE, mengambil data yang akurat, jika tidak ada maka hasilnya kosong atau N/A.
Biar nggak ruwet sama teorinya, langsung deh ke contoh kasusnya ini. :cystg
mengenal vlookup
Contoh Kasus
Nah begini ceritanya, kamu dapat peran jadi wali kelas. Suatu hari kamu ingin merekapitulasi nilai-nilai ujian muridmu dan kamu memiliki dua tabel yang berbeda. Yang pertama berisi daftar nilai keseluruhan dan yang kedua adalah daftar nilai ujian IPS. Tugasmu adalah memasukkan daftar nilai ujian IPS ke tabel daftar nilai keseluruhan. Kamu sih bisa meng-input satu per satu nilainya jika muridmu sedikit, jika banyak?? (Kalau ane sih nggak bakalan mau pakai cara begitu). :nohope Bongkar kebiasaan lama, saatnya VLOOKUP beraksi disini.
Pada Tabel A ada daftar nilai keseluruhan dan pada tabel ada daftar nilai ujian IPS.Untuk menyelesaikannya, pada cell F4 gunakan fungsi VLOOKUP.
=VLOOKUP(B4,I:K,3,FALSE)
mengenal vlookup
Contoh Penggunaan Vlookup
Keterangan :
1. lookup_value diisi cell referensi B4 yang berisi No Induk. No Induk ini yang akan menjadi acuan untuk mengambil nilai dari tabel B.
2. table_array diisi range I:K karena tabel B memiliki 3 kolom dari kolom I hingga ke K.
3. col_index_num diisi 3, karena kolom nilai yang akan diambil berada pada urutan ke-3
4. range_lookup diisi FALSE karena akan mengambil nilai yang pasti-pasti benar saja.
Untuk selanjutnya tinggal drag ke bawah deh sampai selesai. Mudah kan?? Simple, cepat dan nggak ribet. :2thumbup
mengenal vlookup
Penerapan Vlookup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Daftar Nilai Siswa Sederhana dengan Excel

Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru pasti akan berurusan dengan nilai-nilai ujian siswa. Untuk membantu pekerjaan itu, penggunaan Microsoft Excel sangat diperlukan. Dengan Excel banyak yang bisa kamu lakukan, diantaranya menyusun daftar nilai hasil ujian siswa secara otomatis. Nggak perlu ngitung manual pakai kalkulator. Enak kan?? Nah berikut ini, Trickster mencoba membantu untuk membuat daftar nilai sederhana dengan memanfaatkan fungsi-fungsi pada Excel. Contoh tabel sederhana seperti di bawah ini. Ada kolom nama, no induk, daftar nilai per mata pelajaran sampai grade. Yang perlu kamu isi fungsi/rumus hanyalah kolom Jumlah, Rata-rata dan Grade. So, nanti hasilnya akan otomatis keluar semua. Gampang kan… Contoh Tabel Daftar Nilai Siswa Ok, mulai dari kolom Jumlah. Disini kamu bisa menggunakan fungsi SUM untuk menjumlah seluruh nilai mata pelajaran yang ada. Contohnya seperti ini =SUM( D3:I3) SUM Penjelasan : Number diisi D3:I3 karena data yang akan dijumlahkan berawal...

Malaikat Melindungi Mayat Jenazah Ini dengan Sayapnya

Nabi Muhammad SAW merupakan manusia pilihan yang menjadi penyampai pesan. Kedekatan beliau dengan Allah SWT tentu menjadi keistimewaan yang tidak ada bandingnya di dunia ini. Setiap kisah yang melibatkan Nabi akan sangat penting bagi pengikutnya. Salah satunya adalah kisah berikut ini. Seorang yang istimewa karena jenazahnya mendapat perlindungan dari sayap malaikat. Orang ini tewas sewaktu terlibat perang melawan kaum musrikin. Bahkan, tubuhnya dicincang menjadi beberapa bagian oleh musuh. Namun ternyata, Ia mendapat keistimewaan tersendiri. Karena Rasulullah SAW mengabarkan jika jasadnya dilindungi oleh sayap malaikat. Siapakah orang ini? Mengapa dirinya begitu istimewa hingga malaikat pun melindungi jenazahnya. Syuhada yang jenazahnya dilindungi oleh sayap malaikat tersebut ternyata bernama Abdullah bin Amru bin Harram. Dirinya termasuk ke dalam golongan 70 orang yang turut serta dalam pembaiatan Rasulullah SAW di Aqobah Kedua. Tidak hanya itu, dirinya juga...

11 Rumus dasar excel yang wajib bisa

Microsoft Excel, salah satu aplikasi yang wajib dikuasai oleh pegawai administrasi kantor. Dengan adanya produk buatan Microsoft ini tentu akan membuat kita semua bisa mengolah data dengan mudah dan supeeeerr cepat. Tak heran lah kalau aplikasi ini menjadi pioneer spreadsheet dalam dunia perkantoran. Dalam Microsoft Excel, ada banyak (banyaaaakk) rumus / fungsi untuk mengolah data. Untuk menjadi seorang yang mumpuni dalam dunia per-excel-an, kamu nggak harus menguasai seluruh rumus yang ada (bisa puyeng kalau semua wajib bisa). Kamu cukup bisa dan mahir dalam menguasai rumus excel dasar yang paling sering digunakan dalam pengolahan data. Apa saja itu?? Check them out ! 1. SUM Fungsi SUM, ini fungsi yang paling dasar dan dikuasai oleh user Excel. Fungsi ini berguna untuk penjumlahan. Dengan pemisah (,), kamu bisa menjumlahkan angka per kolom. Sedangkan jika dengan pemisah (:)  kamu bisa menjumlahkan angka dalam satu range, missal dalam satu deret kolom A. SUM  2. C...