Teknologi injeksi pada motor keluaran terbaru memiliki banyak kelebihan, di antaranya konsumi bahan bakar yang lebih irit dibanding sistem konvensional karburasi mengandalkan karburator.
Teknologi yang tergolong baru di Indonesia memunculkan anggapan, bahwa komponen yang berkaitan dengan sistem injeksi tersebut rentan rusak jika kehabisan bahan bakar, atau muncul efek samping ketika komponen injeksi tidak tersuplai bahan bakar ketika beroperasi.
Sumber: tech.bareasschoppers.com
Motor injeksi tidak akan rusak apabila kehabisan bahan bakar. Motor hanya mogok ketika komponen injeksi tidak tersupali bahan bakar. Sehingga anggapan rusak pada komponen injeksi setelah kehabisan bahan bakar itu salah.
Sumber: jafrum.com
Cara kerja vakum pada saluran injeksi tidak akan hilang meski tidak ada suplai bahan bakar sekali pun. Pada kasus ini banyak yang beranggapan tidak berfungsinya cara kerja vakum disebut juga masuk angin. Istilah tersebut lebih tepat terjadi pada mesin diesel berteknologi lama.
Pengendara tak perlu panik ketika kehabisan bensin di perjalanan. Cukup dengan mengisi kembali bahan bakar ke tangki dan menyalakan starter secara berulang hingga mesin kembali hidup. Menyalakan starter berulang berfungsi mengisi tekanan pada jalur injeksi normal kembali melalui jalur pompa bahan bakar pada motor.
Pengendara tak perlu panik ketika kehabisan bensin di perjalanan. Cukup dengan mengisi kembali bahan bakar ke tangki dan menyalakan starter secara berulang hingga mesin kembali hidup. Menyalakan starter berulang berfungsi mengisi tekanan pada jalur injeksi normal kembali melalui jalur pompa bahan bakar pada motor.
Sumber: bakersfieldproud.com
Meski tak menimbulkan efek samping cukup serius, namun jangan membiasakan motor injeksi kehabisan bensin. Jika terlalu sering kehabisan bahan bakar akan mengurangi usia komponen injeksi motor kesayangan.
Komentar
Posting Komentar